Penerapan Bauran Pemasaran 4P pada Astiga Leather Tahun 2024

Nadiatul Khairat, Sri Widaningsih

Abstract


Banyak sekali berbagai kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan dalam meningkatkan penjualannya dan menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk yang ditawarkan oleh produsen, berbagai strategi dilakukan oleh perusahaan agar dapat bertahan di tengah persaingan yang tajam. Salah satunya strategi bauran pemasaran. Astiga Leather merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan strategi bauran pemasaran 4P untuk mendukung peningkatan penjualan produk yang dibeli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) pada Astiga Leather dan untuk mengetahui hasil evaluasi penerapan bauran pemasaran 4P Astiga Leather. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang didukung dengan data berupa hasil observasi dan wawancara dengan narasumber yang bersangkutan. Jumlah narasumber terdiri dari 2 orang, pemilik usaha/chief executive offcer (CEO) dan chief operating officer (COO) Astiga Leather. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, Astiga Leather sudah menerapkan strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place/Distribution Channels, Promotion) dengan baik.

There are so many strategies used by companies to increase their sales and attract consumers to buy a product offered by producers, various strategies are carried out by companies in order to survive in the midst of sharp competition. One of them is the marketing mix strategy. Astiga Leather is one of the companies that uses the 4P marketing mix strategy to support the increase in sales of products purchased by consumers. The purpose of this study is to determine the application of the 4P marketing mix (Product, Price, Place/Distribution Channels, Promotion) at Astiga Leather and to determine the results of evaluating the application of Astiga Leather's 4P marketing mix. This research uses descriptive-qualitative methods supported by data in the form of observation results and interviews with relevant sources. The number of sources consists of 2 people, namely the business owner/chief executive officer (CEO) and chief operating officer (COO) of Astiga Leather. The results showed that in general Astiga Leather has implemented the 4P marketing mix strategy (Product, Price, Place/Distribution Channels, Promotion) properly.


Keywords


marketing mix; product; price; place; promotion

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338

Alhaq, D. D., & Dewi, Citra Kusuma, S.E, M.A.B, Ph. D. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Bright Gas Di Kota Bandung. E Proceeding of Management, 7(2).

Daryanto, L. H., Hasiholan, L. B., & Seputro, A. (2019). The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi” Pak Man Semaran. Journal of Management, 5(5).

Farizal, A. (2021). Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Telor Asin UD. Ratu Sari. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1). https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1.611

Hermanses, B., & Roswinanto, W. (2023). Optimalisasi Strategi Promosi Digital di Era Digitalisasi: Sebuah Kajian Komprehensif pada PT Glamourix AFA Indonesia Skincare 2022-2023. Journal of Emerging Business Management and Entrepreneurship Studies, 3(2). https://doi.org/10.34149/jebmes.v3i2.137

Irfan Nasution, M., Andi Prayogi, M., & Mirsya Affandy Nasution, S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen.

Jutisa, D. D., Widodo, J., & Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan Jasa Bimbingan Belajar Primagama. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2). https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8507

M Dayat. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2). https://doi.org/10.35891/muallim.v1i2.1629

Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, LMII Medan, 7(1).

MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2). https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997

Porwani, S., & Rochmawati, B. (2021). Strategi Pemasaran Produk Halal Network International Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Herba Penawar Alwahida Indonesia Cabang Palembang 2. Adminika, 7(1).

Punju, A. K., & Adindarena, V. D. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat Di Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur. Transformatif, 11(1). https://doi.org/10.58300/transformatif.v11i1.312

Rachmawati, R., Teknologi, J., & Semarang, U. N. (2017). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Romadhon, F. A., & Nawawi, Z. M. (2022). Economic Reviews Journal Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Pengiriman Barang dan Jasa: Studi pada PT. JNE Express Cabang Patumbak. Economic Reviews Journal, 1 Nomor 2.

Romadhon, P. N., Rizqi, A. W., & Hidayat, H. (2023). Analisis Pasar Segmentation, Targeting, Positioning, dan Marketing Mix 4P Minuman Kopi UD. XYZ. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1). https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.22034

Salsabila, A. A., & Widaningsih, S. (2022). Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan Marketing Mix 4P (Product,Price,Place, Promotion) Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UMKM Kelompok Tani Hutan Samber Pada Produk Kripik Jamur Mallawa). E-Proceeding of Applied Science, 8(5).

Sugiyono. (2021). Buku Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif,kualitatif,kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan. In Penerbit ALFABETA BANDUNG.

Terapan, J., Manajemen, I., Bisnis, D., & Malau, H. (2020). the 4P’S Marketing Mix Variables: an Assessment of Concept, Applicability and Impact on Organizational Goal From West Java’S Business Organizations. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 3(1).

Usman, O., & Nadila, K. (2020). Effect of Products, Promotion, Price and Location of Buying Decisions. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3510138

Vimandita, A., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Roti Aroma Bakery. Manajemen Modal Insani Dan Bisnis., 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v17i2.10031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.