Pelatihan Pemanfaatan MarketPlace E-Commerce Pada Pelaku UMKM Desa Pongangan Gunung Pati

Dewi Purnamasari, Handini Arga Damar Rani, Henny Prasetyani, Kurniawati kurniawati

Abstract


Era digitalisasi perkembangan marketplace sebagai E-Commerce menjadi platform utama bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Marketplace E-Commerce Shopee menjadi platform yang banyak digunakan dalam hal penjualan produk secara digital marketing. Shopee banyak digunakan karena mempunyai kelebihan di banyak fitur mudah dipahami dan diterapkan, banyak bebas ongkir yang ditawarkan. Untuk itu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas IVET berinisiatif memberikan pelatihan pemanfaatan marketplace E-Commerce bagi para pelaku UMKM di Desa Pongangan. Berdasarkan hasil evaluasi, E commerce Shopee ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan media promosi penjualan yang semula konvensional menjadi online. Hasil dari pelatihan ini para pelaku UMKM Desa Pongangan mendapatkan edukasi digital marketing, membuat toko online sendiri dan dapat menggunakan semua fitur yang ada pada Shopee dan juga mendapatkan ilmu teknik memfoto produk yang baik menggunakan handphone yang akan diupload di aplikasi Shopee. Sehingga akan meningkatkan penjualan produk UMKM.


Full Text:

PDF

References


Ahsyar, T. K., Syaifullah, S., & Ardiansyah, A. (2020). E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 43. https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8768

Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. (2021). Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503–510. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.329

Mustofa, D., Nurfaizal, Y., Innolda, D., & Al Azhar, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Market Place sebagai Media Pemasaran Online di Paguyuban Tanaman Hias Desa Ciberem untuk Memperluas Pemasaran di Era Pandemi. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–49. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i1.230

Prasetiyo, S. M., Gustiawan, R., Albani, F. R., Komputer, I., Informatika, T., Pamulang, U., & Selatan, T. (2024). Pertumbuhan Tingkat Penetrasi Indonesia. 2(1), 65–71.

SAPUTRI, S. A., BERLIANA, I., BERLIANA, I., & NASRIDA, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199

Suhermin, Cahayaning Rarnadhani, Y., Budianto, & Anang Subardjo. (2022). Pelatihan Inovasi Marketplace Bagi UMKM. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1572–1577. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11448

Sukarmi, Kurniaty, R., Dewantara, R., & Ikaningtyas. (2021). Re-Evaluasi Pengaturan Mengenai Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Peningkatan Daya Saing di Era Ekonomi Digital. Jurnal Magister Hukum Udayana, 10, 880–896. https://doi.org/10.24843/JMHU.2021.v10.i04.p16

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Sulistyorini, S., Setyarini, A., & Dwiantari, S. (2023). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Produk Umkm Kelurahan Mlatibaru Semarang. Tematik, 4(1), 6. https://doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7258




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i2.9831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia